,

REVIEW + RESENSI NOVEL "SIN" by Faradita [Batas Haram Raga Angkasa]




Judul : SIN
Penulis : Faradita
Penerbit : Kubus Media
Genre : Fiksi Remaja
Halaman : vi + 444 halaman
Tahun terbit : 2017
Ukuran buku : 14x20cm
ISBN : 978-602-6731-04-3
Harga : Rp 95.000 (Harga Pulau Jawa)
Rate : 🌟🌟🌟🌟
Blurb :

Ametta Rinjani.

Cewek paling cantik di sekolah. Suka dugem, sombong, tidak peduli pada apapun selain dirinya sendiri. Memiliki predikat playgirl dengan mantan di mana-mana. Niatnya hanya satu, membuat semua cowok bertekuk lutut di bawah kakinya, kemudian menendangnya jauh-jauh.

Raga Angkasa.

Cowok pendiam yang tidak pernah suka menjadi sorotan di sekolahnya. Lebih senang menyendiri di taman belakang jika teman-teman futsalnya sedang sibuk merokok di kantin. Ia hanya punya satu tujuan, menjauh dari cewek bermasalah manapun hingga lulus nanti.

Metta merasa menemukan mainan baru dalam penolakan Raga. Jika cowok itu menyebut dirinya adalah sumber masalah, maka dengan senang hati ia bersedia membuktikan seberapa besar masalah yang bisa ia berikan.

***

Sebelum saya mereview, saya ingin berbagi sedikit cerita pada kalian. Jadi, awal mula membaca cerita ini dari wattpad yang direkomendasikan oleh teman saya, dengan mengirimkan link via whatsapp. Kemudian saya klik link tersebut, dan saya add to library.

Cerita ini sangat menarik hati para pembaca. Si penulis mampu menerbangkan, menjatuhkan, bahkan menjungkir-balikkan perasaan pembaca. Kisah Raga dan Metta yang sweet dan romantic membuat pembaca bawa perasaan (baper).

Saya pribadi mengikuti ceritanya di wattpad sampai akhir. Meskipun ending cerita di wattpad masih menggantung, saya sabar menunggu siapa tau ada extra chapter versi Ametta Rinjani. Hingga akhirnya, Kak Fara (penulis SIN) memberitahukan jika SIN akan naik cetak. Merasa kepo dengan endingnya, saya pun memburu Raga di Gramedia terdekat, dan akhirnya dapat.

Okay, simak review-an dari saya.

Keep enjoy and happy reading, guys!

***

Metta membuat keributan di lorong sekolah yang berhasil menarik perhatian. Bagaimana tidak, seorang cowok tengah berlutut di bawah kaki Metta. Ia tidak terima atas pernyataan putus yang telah dilayangkan oleh Metta. Kejadian tersebut menarik perhatian Kevin, sahabat Raga. Ia mengajak Raga untuk melihat aksi Metta, yang berakhir dengan penolakan.

Dari awal, Raga sudah tidak menyukai Metta. Apapun yang berbau dengan Metta, ia bersumpah tidak akan sudi untuk mencampuri karena masa depannya tertata rapi dengan syarat menjauhi cewek bermasalah, seperti Metta. Namun, pada suatu malam, Raga tidak bisa membuat pilihan untuk tidak mencampuri urusan Metta. Menyelamatkan hidup Metta dari bencana yang dibuat oleh mantan Metta, bernama Rio. Dan dari situlah, ketenangan hidup Raga mulai terusik dengan kehadiran cewek bermasalah.

Metta menyadari bahwa setiap bentuk penolakan dari Raga merupakan sebuah tantangan baru baginya. Cowok itu seperti memiliki sebuah spanduk di atas kepalanya yang menentang Metta mendekat. Bukan Metta namanya, jika ia tidak bisa menghancurkan spanduk itu dan membuat Raga mendekat kepadanya.

Ia sangat percaya diri mengatakan bahkan berani taruhan pada kedua sahabatnya, yaitu Lala dan Stephani jika Raga akan segera berlutut padanya. Metta berpikir bahwa Raga sama brengseknya dengan cowok-cowok lainnya. Lala yang lebih memahami situasi tersebut mengatakan bahwa Raga bukanlah cowok seperti yang Metta pikirkan.


“Ati-ati kalo lo lagi main perasaan. Saat lo udah main hati, lo cuma punya dua pilihan. Nyerahin hati lo sepenuhnya buat disakitin atau menangin hatinya buat lo kuasain.” [page 58]


Kekosongan hati Metta membuatnya merasa kesepian. Demi membunuh perasaan tersebut, ia rela menghabiskan malamnya untuk clubbing yang sudah menjadi kebiasaannya sebelum mengenal Raga. Ya, kehadiran Raga dalam hidupnya, mampu mengusir kekosongan di hati Metta. Memberi warna baru dalam hidupnya yang kelabu. 


To be honest, being lonely is the scariest thing in my life until you came along.” [page 131]


Awalnya, kehadiran Metta merupakan sebuah masalah bagi Raga. Ia selalu menolak Metta untuk mendekat. Namun, perlahan pintu hatinya terbuka. Spanduk yang berisi penolakan terhadap Metta -si cewek bermasalah- yang terpasang di atas kepalanya perlahan hancur. Raga mempersilahkan Metta untuk memasuki dunianya dan mengisi hatinya.


“... tapi sekarang, gue bakal ngizinin lo masuk ke hidup gue. Tapi sebelum itu, satu hal yang perlu lo tau. Gue gak punya jalan keluar. Sekali lo masuk, gue gak akan biarin lo pergi.” [page 210]


Hari demi hari telah mereka lewati dengan menyandang status berpacaran. Tidak ada movie date atau apapun yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang. Mereka hanya melakukan hal-hal kecil yang sewajarnya, tapi anehnya mampu membuat pembaca hilang kesadaran jika masih hidup di dunia nyata. Pengolahan katanya membuat kupu-kupu menari-nari di hati para pembaca.

Hingga pada suatu hari, hubungan keduanya dipaksa untuk berhenti karena sebuah alasan yang cukup kuat dan menimbulkan dosa jika ditentang. Raga mengakhiri hubungannya dengan Metta. Jika di awal Metta dengan percaya diri mengatakan bahwa Raga akan berlutut padanya, maka ia salah besar. Dan boom! Dunia terbalik. Bukan Raga yang berlutut pada Metta, melainkan Metta-lah yang berlutut pada Raga.


“Aku pernah membuat duniaku berporos pada satu titik bernama kamu. Lalu, kamu memutuskan pergi. Duniaku berhenti.” [Page 321]


Raga mengatakan bahwa ia hanya main-main dengan hubungan tersebut. Namun, Metta yakin jika Raga bukanlah seperti cowok kebanyakan. Raga dengan lancar menyebutkan bahwa di antara mereka sudah tidak ada hubungan apapun. Hal tersebut sukses menohok hati Metta. Apalagi, penampilan Raga yang terlihat baik-baik saja, sangat berbanding terbalik dengan dirinya.

Penyebab berakhirnya hubungan Raga dan Metta adalah Surya, ayah kandung Raga. Ia menceritakan sebuah fakta mengejutkan yang membuat Raga menjadi sosok jahat di mata Metta. Namun, muncul keraguan dalam hati Raga mengenai apa yang dikatakan oleh Surya. Jika merebut Metta disebut sebagai dosa, dengan senang hati Raga mengatakan bahwa dosanya terlalu indah.

Pada akhirnya, Tuhan bersedia membantu Raga dalam memantapkan hatinya. Ia menemukan fakta baru yang tidak diketahui oleh ayahnya. Fakta yang berhasil menuntunnya kembali pada pemilik hatinya.


God hates the sin, not the sinner.” [page 366]


***

Saya menyukai penyajian alur ceritanya yang sangat tidak terduga, khususnya pada bagian mendekati ending. Konflik yang diangkat oleh penulis tidak terlalu berat. Gaya penulisannya tidak terlalu baku, dan terkesan santai, sehingga mudah dimengerti. Quotes-quotes yang disajikan di awal setiap bab-nya terkesan sangat kuat dan mewakili isi cerita.

Di samping itu, ada beberapa hal yang kurang berkenan menurut saya. Misalnya, masih ada some typos, tapi it’s okay lah, manusia tidak luput dari kesalahan. Ilustrasi cover-nya kurang pas meskipun didominasi warna pink -warna favorit saya-, dan cenderung ke genre romance. Selain itu, ada beberapa kata maupun kalimat di novel ini yang tidak boleh dibaca oleh anak di bawah umur.

Over all, saya menyukai cerita ini. Saya memberikan rate 4 bintang untuk “dosa” yang ditulis oleh Kak Fara.

So, is it an amazing story, and you must read it. Thank you.

“Aku menemukan cara untuk bahagia. Buktinya? Ya, kamu.” [page 396]



11 comments:

  1. Replies
    1. halo, terima kasih sudah mampir di lapak saya. by the way, silahkan login akun google atau gmail, biar saya bisa tau nama profilnya:)

      Delete
  2. Bagus deh, di kembangin lagi ya kak😀

    ReplyDelete
  3. Awalnya saya nggk suka liat novel ini, nmun saya membaca perhalaman demi halaman akhirnya saya menyukai nya. Novel ini sangat menarik perhatian pembaca. Cuman itu haja hehe,, ,, soalnya susah ngungkapinnya 😀😀



    Intinya novel ini bagus pisan 😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhhh, sama saya juga. awal baca ini di wattpad. awalnya juga gimana gitu, tapi nagih juga.
      oiya, jgn lupa nonton SIN versi filmnya yaps😋

      Delete
  4. dosa yang terlalu nikmati. wkwkwk

    ReplyDelete
  5. ini tuh akhirnya si meyta mati apa engga sihhh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, curiga kalo kamu oknum yang nggak beli novel atau nonton filmnya karena blm tau endingnya wkwk. bisa baca novelnya ya kalo pgn tau endingnya xixi.

      Delete
  6. novel sin ada kelanjutannya ga ya??

    ReplyDelete
  7. Bagi yang mau nonton Bioskop Pengganti INDOXXI
    Disini kita telah sediakan berbagai LInk Untuk nonton guys

    Nonton Film Bioskop & Download Film Sub Indo
    LINK NONTON 1 >> indoxxi
    LINK NONTON 2 >>Bioskopkeren
    LINK NONTON 3 >>layarkaca21
    LINK NONTON 4 >>lk21

    LINK NONTON DRAKOR 1>> Drakor nobar24,
    LINK NONTON DRAKOR 2>> DRAKOR SUB INDO

    ReplyDelete
  8. Tithuan Style - Titanium Stud Earrings - TITI
    Tithuan Style. Tethuan Style. Tethuan titanium undertaker Style. Tethuan Style. titanium water bottle Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan rainbow titanium Style. titanium trim as seen on tv Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan Style. Tethuan titanium trimmer Style. Tethuan Style.

    ReplyDelete