,

REVIEW + RESENSI NOVEL "UNWANTED BOND" by Yeny Kristina [Ketika Jodohmu adalah Jaehyun NCT]



Judul : Unwanted Bond
Penulis    : Yeny Kristina
Penerbit : Reneluv
Genre : Fiksi Penggemar (Fan Fiction)
Halaman : 400 halaman
Tahun terbit : 2018
ISBN : 978-602-5508-61-5
Harga : Rp 99.000
Rate             : ⭐⭐⭐⭐
Blurb :

Leean
Kau serius akan memanggil ibuku dengan sebutan “Ibu”?

Jaehyun
Tidak tahu.
Apa kau punya laki-laki lain untuk diajak menikah?

Leean
Punya

Jaehyun
Oke tidak masalah.
Tapi saranku tidak usah memikirkannya.
Karena itu TIDAK AKAN PERNAH TERJADI.
______________________

Leean ingin menganggap ucapan Jaehyun bercanda, tapi kenapa justru hatinya terus berdebar? Padahal Leean yakin 100% ia dan Jaehyun menolak keras saat keduanya dijodohkan. Keputusan mereka (harusnya) tetap sama.

Meskipun Jaehyun berhasil mencuri ciuman pertamanya, itu bukan alasan untuk jatuh pada pesona laki-laki itu, kan? Apalagi saat Leean mengetahui bahwa Jaehyun masih terikat dengan cinta pertamanya.

***

FINALLY!!!! SETELAH SEKIAN LAMA HIATUS DARI PERADABAN TULIS-MENULIS REVIEW, SAYA RESMI COMEBACK YEAY! Buset. Sok bilang comeback, kek artis Korea aja wkwk.

Okay, sebelumnya, saya bener-bener minta maaf banget ke kalian (read : pembaca setia dan pengikut blog) atas segala ke-ngaret-an, ketidak tepatan waktu, dan sering mangkir berbulan-bulan dalam update. Minta maaf terus, nanti diulangi lagi. Ups! Canda, rek๐Ÿ˜†

Diusahain setelah ini beneran rutin update kok, karena sudah kewajiban saya yang sudah berani bergabung ke komunitas (bannernya udah dipasang di sidebar blog ini).

Jadi guys, untuk review kali ini (masih) fiksi, dengan unsur K-pop idol -yang akhir-akhir ini bikin saya oleng dari seorang Jungkook-. Ya! Bener banget, Jaehyun NCT *di blurb udah ke-spill sih ya.

Unwanted Bond ini adalah salah satu novel jebolan Wattpad karya Yeny Kristina dengan visual claim Jaehyun. Cerita ini saya temukan di home recommendation ketika kadar bucin saya ke Jaehyun sedang puncak-puncaknya. Merasa cocok dengan cerita dan gaya bahasanya, serta sudah sampai di penghujung cerita, nggak pake lama, nggak pake mikir, langsung aja “add library”, daaaan, dalam sekali baca langsung kelar dong. Karena masih dalam mode “bucin Jaehyun level dewa”, terus tiba-tiba dapat notifikasi info PO batch 3, saya langsung tancap gas ikut pre-order paket novel dan secret chapter. Puji Tuhan, pas lagi ada duit juga buat beli wkwk. Akhirnya langsung melipir ke shopee-nya @melsbookstore buat mengadopsi novel ini hihi. By the way, saya nggak di-endorse loh ya.

Tanpa banyak cangcingcung lagi, so, here we go!!!

***

Cerita dibuka dengan negosiasi pertunangan antara Jaehyun -salah satu member idol grup ternama (NCITY) sekaligus putra dari pemilik Korean Airlines- dengan Leean –gadis yang hendak memulai tahun pertama di perguruan tinggi-. Orang tua dari kedua belah pihak yang memang sudah saling kenal, membujuk putra-putrinya untuk bertunangan. Namun, jawaban yang sama muncul dari bibir Jaehyun maupun Leean; mereka menolak. Apalagi, Jaehyun dan Leean tidak pernah bertemu tatap, juga tidak saling kenal.

“Aku tidak mau bertunangan dengan orang asing.” [page 10]

Pada suatu kesempatan –lebih tepatnya paksaan-, Jaehyun dan Leean bertemu untuk pertama kali di sebuah kafe. Jika semua wanita menginginkan Jaehyun sebagai pasangan, lain halnya dengan Leean. Bertunangan dengan sosok arogan dan tidak memiliki sopan santun seperti Jaehyun adalah hal yang paling tidak ia inginkan. 

“Kau Jaehyun NCITY? Woah, daebak. ... Bertemu denganmu secara langsung membuatku mengerti kalau tidak semua idol itu punya perilaku baik.” [page 14]

 

Jaehyun adalah salah satu dari sekian banyak family man yang ada di dunia. Jika ditanya mengenai siapa yang paling berharga dan dihormati, tanpa ragu, ia pasti menjawab Ayah dan Ibu. Ibu Jaehyun adalah seorang dokter spesialis anak yang mengidap Alzheimer –sebelas dua belas dengan pikun-.



Ketika Jaehyun pulang ke rumah setelah bertemu dengan Leean, ia terkejut bukan main, karena, disana, ibunya berhasil menyebut nama dan mengingatnya. Jangan ditanya bagaimana perasaan Jaehyun, sudah pasti bahagia. Namun, belum puas ia menyelami kebahagiaan atas kembalinya ingatan sang ibu, sang ayah mengungkapkan sebuah fakta yang membuat jantung Jaehyun seakan mencelos dari tempatnya. Sebuah fakta mengenai ditemukannya penyakit lain dalam tubuh Lee Il Hwa –ibu Jaehyun-, sekaligus sebuah permintaan paling tulus darinya sebagai seorang ibu.

“Ibumu ingin memastikanmu memiliki calon istri yang baik sebelum hal buruk terjadi, karena ... Dokter berkata ia tidak punya banyak waktu untuk tinggal.” [page 20]

 

Di sisi lain, Leean juga terkena electric shock atas fakta yang tidak sengaja ia dengar dari percakapan sang ibu dan ayah. Fakta yang membuat Leean mau tak mau, harus melakukan hal yang paling tidak diinginkannya saat ini –di usia belia yang masih akan menginjak tahun pertama sebagai seorang mahasiswa-.

“Jika ini alasan ayah menyuruhku bertunangan,” ... “Maka aku bersedia untuk melakukannya.” [page 36]

 

Wah, kalian pada penasaran nggak sih sama fakta-fakta yang dihadapi oleh Jaehyun dan Leean, sampai akhirnya mereka “deal” untuk bertunangan? Kalo beneran penasaran, kuy langsung aja cek di toko buku langganan kalian, baik offline maupun online. Kemudian, cek budget kalian ya. Kalo aman, sabi langsung beli, bayar, dan baca. Mari sama-sama jatuh cinta pada Jun Jaehyun, sekaligus membantu Indonesia memerangi krisis literasi dengan membaca.

Hari demi hari berganti. Begitu pula dengan status Jaehyun dan Leean yang kini telah bertunangan. Mereka yang awalnya tidak saling kenal, menjadi mulai saling kenal; Mereka yang awalnya bertunangan dengan terpaksa, menjadi mulai terbiasa. Mereka dekat, terikat, namun juga seperti ada sekat yang tak terlihat.

“Seseorang yang seharusnya menjadi tempatmu bergantung adalah aku, bukan Pak Choi ataupun Daniel.” [page 66]

 

Hingga suatu hari, ketika Leean pergi menghadiri sebuah pesta penyambutan mahasiswa baru, ia tidak sengaja meminum alkohol terlalu banyak hingga mabuk. Daniel yang merupakan sahabat Leean sejak kecil pun berniat mengantarnya pulang. Namun, ternyata Leean sudah lebih dulu menelepon sopirnya. Daniel terkejut bukan main, ketika yang datang bukanlah Pak Choi, melainkan Jaehyun. Bukan hanya Daniel, Jaehyun pun sama terkejutnya. Wah? Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Jaehyun dan Daniel saling kenal?

“Aku memang menelepon sopirku. Kau sopirku kan?” [page 90]

 

Jaehyun masih sibuk dengan rangkaian kegiatannya bersama NCITY, mulai dari rekaman, pemotretan, syuting music video, sampai tour konser di luar negeri. Maklum lah ya, idol, public figure, kan jadwalnya super padat. Begitu pula dengan Leean yang sibuk dengan dunia perkuliahannya. 

Kesibukan Jaehyun dan Leean membuat keduanya jarang bertemu. Jangankan bertemu, bertukar pesan atau suara pun jarang. Apalagi, Jaehyun akan melangsungkan world tour bersama NCITY di berbagai negara. Beruntung, keduanya tinggal di apartemen yang sama, di lantai yang sama pula, meski unit berbeda, setidaknya ketika mereka dilanda rindu dan ingin bertemu, bisa sangat menghemat waktu. Benar, kan?

“Apa kau masih ingat beberapa minggu yang lalu ketika aku mengantarmu pulang kau berkata akan mengabulkan apa saja permintaanku? Saat aku tidak ada di sini, jangan pernah mabuk di depan laki-laki lain, jangan tertawa-tawa seperti tadi, dan jangan mengundan Park Daniel untuk masuk ke apartemenmu apa pun alasannya.” [page 127]

World tour telah usai, tapi, bukan berarti Jaehyun bisa santai-santai. Apalagi, grupnya, NCITY telah terdaftar sebagai line-up untuk mengikuti perlombaan olahraga idol atau yang sering dikenal dengan ISAC (Idol Star Atlethic Championship). Dalam ajang itu, tidak semua anggota NCITY hadir, melainkan hanya perwakilan saja, termasuk Jaehyun. Selain menjadi ajang perlombaan olahraga, ISAC juga disebut sebagai ajang untuk cari perhatian, cari gebetan, dan bertukar nomor antar idol.

Jaehyun memberi tawaran pada Leean untuk mengurus VIP Pass jika Leean ingin melihatnya dalam perlombaan tersebut. Namun, Leean mengatakan bahwa ia tidak bisa datang karena harus kuliah, dan seperti biasa, Jaehyun memakluminya –karena pada dasarnya, ia juga paham betul jika dirinya dan Leean adalah dua dari jutaan orang di dunia yang super sibuk dengan segala urusan kehidupannya-. Di tengah perlombaan, Jaehyun melihat sosok Leean di antara ratusan penggemar NCITY, sehingga ia megirim pesan pada Leean untuk mengajaknya bertemu usai perlombaan. Hingga akhirnya, sebuah insiden tidak menyenangkan menimpa Leean, yang membuatnya batal bertemu Jaehyun dan harus masuk rumah sakit. Di saat itu, Daniel datang untuk menolongnya.

Insiden apa yang terjadi? Mengapa Daniel bisa ada di sana? Apakah hanya kebetulan atau ada unsur kesengajaan? Lantas, bagaimana dengan Jaehyun? Temukan jawabannya di novel Unwanted Bond, guise.

“Semoga kau bisa cepat membiasakan diri melihatku selalu berada di sekitar tunanganmu. Karena aku tidak bisa membiarkan Leean tanpa pengawasan bersama orang-orang yang tidak tahu bagaimana cara melindungi.” [page 186]

 

Beberapa waktu setelah Leean pulang dari rumah sakit, ia sering mendapat paket berisi rangkaian bunga di depan apartemennya. Leean mengira bahwa itu adalah ulah Jaehyun, sehingga ia menyimpannya. Hingga suatu waktu, Leean terkejut bukan main, ketika Jaehyun berkata bahwa dirinya tidak pernah mengirimkan bunga. Bersamaan dengan itu, Leean juga menarik sebuah surat yang diselipkan pada rangkaian bunga yang didekapnya. Dalam sekejap, sekujur tubuh Leean terasa kaku dan bergetar, karena ia menyadari bahwa dirinya sedang dikuntit.

Jaehyun tahu jika Leean sedang dikuntit, sehingga ia merasa khawatir jika sesuatu yang buruk terjadi kepada tunanganya. Merasa bahwa ia tidak bisa selalu ada di sisi Leean karena padatnya jadwal yang ia miliki, Jaehyun akhirnya meminta bantuan kepada Daniel. Daniel tidak menolak, apalagi jika berhubungan dengan Leean. Wah, kira-kira, zona seperti apa ini yorobun? Apakah ini cinta segitiga antara Jaehyun, Leean, dan Daniel? Hoho, jelas tidak semudah dan seringan itu alurnya, Ferguso. Makanya, kalo penasaran, beli aja novelnya.

“Aku butuh bantuanmu. Ini tentang Leean.” [page 276]

 

Pernah dengar pepatah “Sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya akan jatuh juga”? Pepatah tersebut mewakili seluruh orang yang ada di sekitar Leean. Mulai dari orangtuanya, Daniel, hingga Jaehyun. Pada dasarnya, memang ada sebuah fakta tentang Leean yang mereka ketahui dan sengaja ditutupi. Fakta itu juga menyangkut cinta pertama Jaehyun, yang bernama Hyun Ji. Leean kecewa, karena merasa dibohongi.

“Kemarin aku pergi ke agensimu. Tapi mereka berkata tidak ada trainee bernama Park Daniel di sana. Apa yang selama ini kau sembunyikan dariku sebenarnya?” [page 290]

Entah karena terlalu shock atas fakta yang baru diketahui atau terlanjur merasa sendiri dan sepi, Leean berniat mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jembatan Mapo yang melintangi sungai Han saat salju turun lebat. Leean pikir, itu adalah jalan terbaik agar ia bisa bebas dari mimpi buruk dan suara-suara aneh yang mengganggu dan membuat pusing kepalanya. Tidak ada Jaehyun, tidak ada Daniel, berarti, tidak ada yang mencegahnya. Ia merasa, bahwa malam itu adalah sebuah akhir dari segala bebannya.

“... Aku menulis surat ini untukmu agar kau selalu ingat. Sekeras apa pun semesta mencoba memisahkan kita, aku akan selalu menemukan cara untuk menemukanmu.” [page 356]

 

HAH?! JADI ENDING-NYA LEEAN TEWAS KARENA LOMPAT DARI JEMBATAN GITU AJA? JADI BENERAN NGGAK ADA JAEHYUN ATAU DANIEL YANG NOLONGIN? SEBENARNYA FAKTA APA YANG BIKIN LEEAN SAMPE NGERASA  SE-HOPELESS ITU? DAN, SIAPA DANIEL SEBENARNYA? KENAPA DIA BISA ADA DIMANA-MANA KETIKA LEEAN MERASA TERANCAM? LANTAS, BAGAIMANA DENGAN JAEHYUN? APAKAH DIA BENAR-BENAR TULUS MENCINTAI LEEAN ATAU HANYA SEBAGAI PELAMPIASAN ATAS MASA LALUNYA?

STOP IT, YOROBUN! (yorobun = pemirsa)

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, ya? Saya tidak bisa menuliskan secara detail untuk bagian mendekati ending dan masalah atau fakta yang disebutkan di atas, karena jika saya jabarkan akan menjadi spoiler. So, buat kalian yang kepo tingkat dewa, silahkan beli novel cetaknya di toko buku offline ataupun online langganan untuk mengetahui isi cerita yang lebih jelas dan pastinya bikin heart shaker juga. Hehe.

***

Annyeonghaseyo yorobun~ Nggak kerasa banget, ternyata sudah ada seribu tujuh ratus kata yang sudah saya tulis di atas. Oiya, sebelumnya, saya mau kasih tau ke kalian mengenai niat untuk menciptakan universe baru dalam blog ini. Hah? Maksudnya?

Jadi gini, kalo kalian perhatiin menu yang ada di atas blog, kalian akan nemuin sub menu dengan judul J’s Universe.

Nah, fyi, J’s Universe disitu bukan kumpulan novel trilogi, tetralogi, logi-logi lainnya yang memiliki keterkaitan. Hanya saja, face claim dari novel-novel yang ada di J’s Universe itu adalah kpop idol dengan nama asli yang berawalan J. Saya kan pernah review novel SYNC dengan face claim Jungkook, dan kali ini ada Unwanted Bond dengan face claim Jaehyun. Sama-sama J kan?

Tenang, nanti akan ada banyak judul dengan face claim idol berawalan J selain Jungkook dan Jaehyun wkwk. Dan, mereka yang berawalan J itu kebanyakan adalah bucinan saya di dunia per-halu-an wkwk, sehingga saya memutuskan untuk membuat universe baru disini hihi๐Ÿ˜ฌ

Ok, cukup segitu aja. Sekarang, langsung ke bagian keunggulan dan kelemahan novelnya ini ya?

Keunggulan :
  • Visual dari tokoh utama laki-lakinya adalah bias sejuta umat, Jung Jaehyun (yang dalam cerita ini marganya berubah menjadi Jun). Yup! Ini alasan saya beli novel ini wkwk, sekaligus keunggulan *menurut saya. Maklumin aja ya, lagi mode bucin soalnya wkwk.
  • Tidak menjual judul. Selain itu, judulnya singkat dan mampu mewakili isi cerita. Unwanted Bond disini bisa diartikan secara sederhana sebagai “ikatan yang tidak dikehendaki atau tidak diinginkan”. Judul ini benar-benar menggambarkan hubungan Jaehyun dan Leean yang “terpaksa” menerima perjodohan.
  • Tagline “Andai aku bisa mengenalimu lebih awal tak akan ku sia-siakan waktu walau sedetik pun” entah mengapa mampu membuat pembaca terbawa perasaan meski hanya membaca sekilas di detik pertama sekaligus berhasil membuat penasaran (karena relate-able sekali dengan judulnya).
  • Cover illustration-nya epic banget. Nggak cuma epic aja sih, tapi juga sedap nan indah dipandang (menurut saya). Combine warnanya itu match dan soft, jadi nggak bikin sakit mata.
  • Gaya bahasa dan susunan kata yang digunakan khas fan-fiction atau drama Korea banget (pakai logat aku-kau) tapi tetep ringan, feelin’ too much, dan mudah dipahami. Saking nge-feel-nya, kalian bakal senyum, kesel, baper, jatuh cinta lagi, nangis, dan lainnya at the same time.
  • Plot-nya jelas, nggak ribet, dan nggak ruwet. Plot twist-nya juga ada sih, tapi menurut saya nggak terlalu mengejutkan. Inget ya, menurut saya, nggak tau kalo menurut kalian.
  • Merangsang imajinasi. Novel ini lebih banyak narasi, daripada dialog. Jadi, beneran kek kalian itu disuruh berimajinasi untuk bisa menciptakan atau terjun ke dunia Jaehyun - Leean dalam cerita. Kalian yang demen halu, ini worth to buy dan worth to read banget, fix! HAHA.
  • Konfliknya termasuk ringan, menurut saya, nggak tau kalo menurut kalian. Jadi, karena termasuk bacaan berkonflik ringan, novel ini highly recommended buat kalian yang nggak doyan bacaan dengan konflik memusingkan atau kalian yang lagi pengen nyari bacaan ringan tapi tetep nge-feel dan bikin hati jungkir balik. You must buy this one.

Kelemahan :
  • Tidak ada catatan kaki untuk terjemahan istilah atau bahasa Korea, sehingga membuat pembaca non Korean addict yang murni membaca karena penasaran dengan cerita menjadi kebingungan, meskioun hanya sekedar annyeong haseyo, daebak, gwenchana, dan yang setipe. Next, semoga poin ini bisa lebih diperhatikan lagi ya untuk pihak penerbit dan editornya.
  • Masih terdapat some typos di dalam cerita, seperti Jung Sung Won (page 28) yang seharusnya ditulis Jun Sung Won, Angsan (page 43) yang seharusnya ditulis Ansan –merujuk pada suatu daerah di Korea Selatan-, meninggalkan (page 249) yang seharusnya ditulis meninggalnya, dan lain sebagainya. Sebenernya, lumayan banyak sih, dan jujur, agak mengganggu juga. But, it’s ok, pihak penulis dan editor juga pasti sudah meminimalisir ini, tapi ya yang namanya manusia, wajar aja kan kalo masih ada kesalahan? karena kan, kesempurnaan hanya milik Tuhan.
  • Masih ada beberapa kalimat yang terkesan bertele-tele.
  • Terlalu banyak narasi dan nggak ada gambar ilustrasi untuk scene penting pendukung cerita, sehingga membuat pembaca mudah bosan, apalagi jika tipe pembacanya seperti Clar –teman saya yang juga baca novel ini- yang lebih suka banyak dialog atau (paling tidak) dialog dan narasinya balance. Tapi, kalo untuk tipe pembaca seperti saya, yang lebih suka narasi daripada dialog, nggak masalah sih.

***

Okay, menurut saya itu aja sih yang bisa dituliskan dalam poin keunggulan dan kelemahan.

By the way, saya beli novel ini sepaket sama secret chapter-nya. Dan, menurut saya, ini bisa dibaca terpisah. Apalagi, keberadaan secret chapter ini termasuk rare juga (kayaknya). So, buat kalian yang udah kepalang kepo, terus mau beli novel ini, tapi udah nggak dapet secret chapter, nggak usah khawatir ya?

Owgheeey, over all, bintang 4 kayaknya pas untuk karya mba Yeny ini hihi๐Ÿค—

Oiya, penilaian bersifat objektif dan SAMA SEKALI tidak memiliki niatan untuk menjatuhkan atau membandingkan penulis.

Terima kasih sudah membaca.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menilai.

Silahkan tinggalkan jejak dengan membubuhkan komentar sebagai penyemangat saya untuk terus menuliskan review.

LAST NIH. JANGAN LUPA STREAMING MV NCT YA? MEREKA BARU AJA COMEBACK BESAR-BESARAN DI BAWAH NAMA NCT 2020, LOH. UDAH HABIS SIH MASA PROMOSINYA, TAPI AYO STREAMING๐Ÿ˜‚

(sumber : youtube.com/SMTOWN)


(sumber : youtube.com/SMTOWN)





2 comments:

  1. Huwaa... ternotice beneran dong :D
    Bangga bgt sm kamu, akhirnya publish review lagi. Semangat terus buat nulis, INGET HOBIMU IKU MAHAL!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir disini mb clar hihi.
      iye nih, comeback perdana setelah menghilang sekian lama wkwk๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜‚

      Delete