,

REVIEW + RESENSI NOVEL "JUST BE MINE" by Pit Sansi [Dating Scandal Artis dan Antis]




Judul : Just be Mine
Penulis : Pit Sansi
Penerbit : Bentang Pustaka
Genre : Fiksi Remaja
Halaman : x + 358 halaman
Tahun Terbit: 2017
ISBN : 978-602-430-148-4
Harga : Rp 37.350 (via Play Books)
Rate : 🌟🌟🌟🌟
Blurb :

Sebagai idola remaja yang namanya tengah naik daun di dunia hiburan, Rakha Arian yakin bisa dengan mudah mendapatkan cewek mana pun. Namun, siapa sangka Adela Kiva berani menolak dan membuat cowok itu malu di hadapan media.

Sejak peristiwa memalukan itu, Rakha bertekad untuk membalas perbuatan Adela. Ada dua skenario yang ia rencanakan. Pertama, ia akan membuat gadis itu jatuh cinta padanya, kemudian mencampakkannya di hadapan media. Kedua, membuat Adela kehilangan beasiswa hingga dikeluarkan dari sekolah. Atau, jika keduanya gagal, Rakha tak akan gentar menyusun rencana baru yang lebih kejam!


***


HALO!


Sebelumnya, saya mau ngucapin terima kasih banyak kepada kalian semua, yang sudah mampir di blog ini, dan nyempatin buat ngirim komentar ataupun e-mail. Saya benar-benar merasa kalo blog ini dibutuhin, entah itu dalam konteks buat tugas, ataupun sekedar penasaran. Percaya atau nggak, yang pasti jiwa mager saya seketika amblas setelah baca e-mail dari Ilsa -yang nggak saya tahu dia ini siapa, kelas berapa- berisi "Blognya udah non-aktif ya? Padahal aku nungguin". ASTAGA! Sebaris e-mail macem itu ternyata bisa bikin saya seneng banget, serasa dibawa melayang ke langit ketujuh. Sebaris chat dari doi aja kalah loh, seriusan ini wkwk.


Oiya, akhir-akhir ini, saya sering banget baca karya-karya terbitan Bentang Pustaka. Nggak tahu kenapa, mungkin karena jatuh cinta sama cover-nya. Eh, tapi mustahil sih, kalo saya nggak tertarik sama cover novel terbitan Bentang Pustaka yang super eye-catching semua itu. Selain itu, mungkin saya juga jatuh cinta sama tokoh utama laki-laki yang ada di SELURUH novel Bentang, khususnya yang fiksi remaja. Bukan bucin ya, tolong garis bawahi itu!


Beberapa waktu lalu, saya selesai me-review novel terbitan Bentang Pustaka; Addictive Wattpad Series yang berjudul Resist Your Charms karya Ega Dyp. Kali ini, saya bakal review lagi novel terbitan dari penerbit serupa yang masuk dalam seri Belia Writing Marathon Batch 1, berjudul Just Be Mine, yang ditulis dan dikarang oleh Pit Sansi. Fyi, saya pertama kali tau cerita ini di wattpad, atas rekomendasi teman.


Jujur saja, awalnya saya ngira cerita ini cukup klise. Seperti hubungan seorang idol dan fans-nya, yang berujung pada sama-sama jatuh cinta. Tapi, ternyata salah, karena hubungan tokoh dalam cerita ini bukan antara idol-fans, tapi idol-antis. Nggak perlu saya bahas, apa itu antis, karena saya rasa kalian semua sudah paham dan tahu.


Selain itu, first impression saya terhadap bacaan ini adalah alurnya mudah ketebak. Memang, saya benar-benar bisa menebak ending-nya, tapi tidak untuk konflik dan printilannya. Untuk kesekian kali, saya mengakui kalau tulisan Pit Sansi ini  patut dinikmati karena ya mayoritas main teka-teki gitu, jadinya anti-mainstream wehe. I'm Lovin It!


Okay, kali ini saya nggak mau kebanyakan bacot. Tiga paragraf sepertinya sudah cukup untuk dijadikan intro. Silahkan terus scroll ke bawah untuk membaca review-nya.


Pssst, novel ini quote-able loh. Jadi, sayang banget kalo kalian nggak scroll dari awal sampe akhir. Apalagi bacanya di skip.


Mulai ya.


Call!


***


Cerita dibuka dengan adegan tabrakan bahu yang dialami oleh Adela dan Saras. Saat itu, Saras terlihat buru-buru menuju ke lapangan yang entah mengapa hari itu dikerumuni banyak orang. Ternyata oh ternyata, penyebab kerumunan siswa-siswi itu adalah kedatangan Rakha artis remaja yang lagi naik pohon *eh naik daun maksudnya- untuk bersekolah di SMA Bhakti Ananda.


Menjadi artis tentu harus tahu segala macam konsekuensi yang dihadapi, termasuk fans dan papparazi atau wartawan. Kala itu, Rakha bagaikan gula yang dikerumuni semut. Sekitarannya penuh sesak oleh siswi-siswi dan wartawan. Rakha dibombardir dengan banyak pertanyaan dari wartawan yang sebagian besar menanyakan alasan kepindahannya dari sekolah lama.


Rakha kebingungan atas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para wartawan. Namun, secara tiba-tiba, ia mengatakan pada wartawan jika alasan pindahnya ke SMA Bhakti Ananda adalah karena menyusul sang pacar. Usai jawaban ngawurnya, suasana makin tidak tidak terkendali. Para wartawan yang kepo dan haus akan berita semakin mendesak Rakha untuk mengungkapkan sosok kekasihnya itu. Dengan asal akibat kepekaan telinganya mendengar sebuah nama, Rakha pun menyebut Adela, menghampirinya, merangkul bahunya, dan mengakuinya sebagai pacar di depan para wartawan.


"Kenalin, ini pacar saya. Namanya Adela," [page 4]


Dan siapa sangka, Adela malah menolak diakui sebagai pacar, bahkan tidak segan menepis rangkulan cowok itu dengan kasar sementara banyak kamera mengarah ke mereka. Rakha malu setengah mati. Hatinya dongkol. Yang terjadi selanjutnya sudah bisa dipastikan, gosip keduanya langsung memenuhi media pemberitaan infotainment. Detik itu juga, Rakha bertekad untuk membuat Adela bertekuk lutut dan memohon untuk menerima cintanya.


"Saya bukan pacar kamu!" [page 5]


Semenjak skandal kencan itu, nama Rakha tercoreng. Banyak PH yang membatalkan perjanjian kerjasama. Tidak ingin menjadi bulan-bulanan dan karirnya hancur, Rakha memutuskan untuk mengajak Adela kerjasama, yakni mengklarifikasi ke media mengenai hubungan mereka. lagi, ia mendapat penolakan dari Adela, bahkan setelah ia menjanjikan untuk membayar cewek itu.


Disamping itu, Adela sendiri merasa hidupnya kacau sejak bertemu dengan cowok menyebalkan bernama Rakha itu. Dari sekian banyak cewek-cewek yang mendamba Rakha, justru Adela malah tidak suka. Semua magnet pesona yang melekat di tubuh cowok itu seolah tak berfungsi baginya. Bagi Adela, tidak peduli setampan apa pun Rakha, sikap angkuh dan sombong cowok itu sudah meruntuhkan kekaguman fisik yang ada di kepalanya.


Adela juga dinobatkan sebagai musuh para Arlov dan seringkali di-bully oleh teman-teman di sekolahnya, yang mayoritas adalah Arlov. Berbagai kesialan terus menghampiri, termasuk  ketidakmauan Imel untuk les private kepada Adela. Kenapa gitu? Ya, karena Imel juga masuk fandom Arlov.


"Pokoknya Imel nggak mau Kak Adel jadi guru les Imel. Kak Adel itu udah jadi musuhnya Arlov. Kakak udah bikin kami patah hati!" [page 22]


Hidup Adela yang awalnya sudah susah malah jadi tambah susah. Adela harus memutar otak dan mencari berbagai cara untuk mendapat uang agar bisa memenuhi kebutuhannya dan sang adik. Apalagi, si adik, yang namanya Leo ini seringkali mendapat surat tagihan SPP. Wah, dari sini, kalian yang suka meng-halu jadi pacarnya artis, masih sanggup nggak kalo ngadepin realita kayak Adela? Di-bully, dimusuhin, dan lain-lain?


Setelah kehilangan pekerjaan sebagai guru les Imel, Adela memang menemukan gantinya. Tapi kali ini, ia malah jadi guru les Raya, adik Rakha. Seharusnya Adela tidak menerima pekerjaan itu, tapi ia butuh penghasilan untuk membiayai sekolah adiknya.


Di awal-awal, aksi kucing-kucingan memang berhasil dimenangkan Adela, berkat bantuan Raya juga yang kompak menyembunyikan sosok guru les barunya itu. Suatu hari Rakha pun tahu, bahwa cewek yang sedang ia buru demi meredam pemberitaan tentang dirinya yang telanjur merebak di media, malah ada di rumahnya. Sebenarnya bukan hanya itu yang membuat Adela mematung seketika saat itu, tapi kemunculan seseorang di saat bersamaan. Wah, jadi siapa seseorang itu? Kenapa bisa ada di rumah Rakha? Dan kenapa Adela bisa sekaget itu? Kepo nggak? Hmm, penasaran kan? Kalo gitu, silahkan baca versi lengkapnya di novel cetak atau e-book resminya yaa.


Adela ini adalah salah satu dari sekian juta perempuan yang punya tagline "tegar di luar, ambyar di dalam". Siapa sangka, di tengah sikap judes serta keras kepalanya, Adela juga bisa galau, karena tertawan keabu-abuan masa lalu. Ada kisah menggantung yang membuatnya betah merawat rindu, meski dibumbui kecemasan.


"Cukup katakan kepadaku bahwa kamu sedang menatap purnama yang sama denganku, dengan begitu akan mengurangi kerinduanku kepadamu walau hanya 0,1%." [page 50]


Suatu hari, SMA Bhakti Ananda mengadakan sebuah acara reuni pengurus OSIS, dimana para alumni juga datang, termasuk seseorang yang menjadi masa lalu Adela, yang kebetulan juga alumni pengurus OSIS SMA Bhakti Ananda.


Awalnya, Adela enggan datang ke acara itu. Namun, karena kehadirannya di acara itu adalah sebuah permintaan dari si masa lalu yang menyebabkan ia gagal move on. Dan, disanalah malapetaka bagi hidup Adela dimulai, ketika ia menyanggupi permintaan konyol si masa lalunya. Benar saja, Adela bukannya berhasil membuktikan perasaannya yang masih sama kepada si masa lalu, melainkan mempermalukan diri sendiri dan memperkeruh polemik antara dirinya dan Rakha.


"Lo?" Baik Adela maupun Rakha sama-sama terkejut luar biasa. Keduanya kompak saling menunjuk. [page 107]


Sejak kejadian memalukan malam itu, Adela makin gesit menghindari Rakha. Bukan hanya untuk menghindari gosip, tapi mempertahankan harga diri. Rakha tidak tahu, betapa sulit semua ini untuk Adela. Namun, seberapa keras Adela menolak mengingat sosok Rakha, semakin ia terbayang olehnya. Bahkan, Adela mengakui bahwa ia merasakan perasaan aneh yang tiba-tiba menyesaki dadanya tiap kali harus berurusan dengan Rakha.


"Tanpa sadar, sudut-sudut bibirnya terangkat hingga membentuk sebuah senyuman. Dadanya terasa menghangat. Ia bisa merasakan ada sesuatu yang aneh di sana. Ia bisa merasakan detak jantungnya sendiri. "[page 205]


Berbekal tips-tips dari Wira, teman duduknya, Rakha terus mendekati Adela. Ia menjelma jadi sosok pejuang cinta yang doyan gombal. Jangan lupakan sosok masa lalu Adela yang juga masih berjuang untuk kembali mendapatkan kesempatan kedua darinya. Singkat cerita, terjadilah kompetisi antara dua cowok ganteng itu. By the way, di chapter ini saya lagi ngebayangin Cha Eun Sang yang direbutin Kim Tan sama Choi Young Do dalam drama The Heirs dong wkwk.



Di tengah usaha dua cowok yang berjuang menenangkan hatinya, Adela punya masalah lain. Tiba-tiba saja ia merasa kehilangan adiknya, Leo, sejak kemunculan orang-orang yang seharusnya tak perlu ada di kehidupan mereka. Baginya, kehilangan kedua orang tua sudah menyakitkan, dan kehilangan Leo membuatnya sangat kesepian.


Bagaimana kelanjutan kisahnya? Kepada siapa pintu hati Adela terbuka? Rakha atau si masa lalunya? Seperti apakah ending-nya? Oiya, di novel ini, kalian diajak main teka-teki loh! Gimana? Penasaran nggak? Segera miliki bukunya dan baca sendiri, ya!


"Bisa buka hati lo buat gue?” [page 233]


***


OK, ANGKAT TANGAN DAN LAMBAIKAN KE KAMERA. JANTUNG HAMBA TIDAK KUAT!


Jujur, sekitar dua atau tiga chapter awal saya masih nilai kalo cerita ini cukup klise. Tapi, bukan Pit Sansi namanya kalo nggak menghadirkan teka-teki dalam kepenulisannya. Baca novel ini bikin saya kelimpungan sendiri. Selain itu, saya merasa menjadi gila karena senyum-senyum sendiri, terlebih pas di bagian dialog dan penjabarab adegan-adegan romantis. Nah, sekarang waktunya saya membahas poin-poin keunggulan dan kelemahan dari novel karya Pit Sansi yang bisa menyebabkan lemah jantung.


Keunggulan :
  • Temanya cukup umum, tapi penulis piawai mengikat pembacanya dengan cara memperkenalkan tokoh-tokohnya secara bertahap (pelan-pelan). Jadi, kita sebagai pembaca nggak kaget.
  • Konfliknya termasuk ringan. Yang rumit itu di bagian konflik hubungan Rakha dan Adela. Meskipun rumit tapi ngangenin. Benang-benang merah digabungkan dengan halus tanpa perlu mengerutkan kening. Beberapa bagian malah sengaja dibikin acak dan begitu manis setelah disatukan.
  • Bahasanya ringan dan mudah dipahami. Jadi, novel ini sangat direkomendasikan buat kalian yang no ribet dan nggak mau pusing buka tutup kamus, entah itu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris demi untuk memahami maknanya.
  • Cover-nya pinkeu-pinkeu dengan ilustrasi khas Bentang Pustaka yang pastinya eye-catching bahkan ketika melihat pada pandangan pertama -di toko buku tentunya-.
  • Quote-able banget. Dimana quotes disajikan di awal chapter secara acak dan juga di tengah dialog. Karena saya ini tipikal pembaca yang haus quotes, jadi, penting bagi saya untuk masukin ini ke poin keunggulan.
  • Tidak melulu tentang romansa yang membahas cinta, tapi juga membahas tentang keluarga, persaudaraan yang melibatkan perang batin.
  • Penyelesaiaan konflik benar-benar dituntaskan tanpa ada bagian yang terlupakan.
  • Adanya moral value yang bisa kita ambil hikmahnya. Untuk poin ini, nggak semua bacaan fiksi remaja punya loh. Mungkin ada, tapi nggak sebanyak dan sedalam Just Be Mine ini.
  • Bisa dibaca oleh semua kalangan, termasuk yang masih SD kelas 5 atau 6. Karena sejauh saya membaca, tidak ditemukan kata-kata kasar, vulgar, kotor dan sejenisnya. Jadi, beneran aman dibaca!
  • Terdapat beberapa judul lagu yang sangat mantap jiwa untuk didengarkan dan diresapi. Jadi, bisa buat nambah playlist kalian nih hehe.


Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang agaknya kurang berkenan di hati saya, diantaranya adalah;


Kelemahan :
  • Saya merasa plot agak lambat di tengah-tengah. Timpang sama awalan yang menggebu-gebu dan ngalir lancar. Bagian-bagian akhir beda lagi. Menurut saya, agak buru-buru dan terlalu banyak "kebetulan". 
  • Saya agak terganggu dengan kemunculan special part setelah kata "TAMAT". Bila masih di wattpad, mungkin ini sah-sah saja, tapi kalau sudah dalam versi cetak, menurut saya lebih baik tidak ada part tambahan setelah cerita dianggap selesai. Karena kehadiran spesial part malah bikin pembaca nuntut buat adanya sequel. Dan adanya sequel ini kadang juga bikin pembaca melupakan tokoh utamanya karena kehadiran tokoh baru. Tapi, semua kembali ke penulis dan penerbitnya juga sih, ya?


Over all, novel Just Be Mine karya Pit Sansi ini sangat layak dinikmati. Beberapa chapter sungguh membuat saya sangat terkesan. Entah bagaimana penulis mampu menghadirkan cerita seperti ini yang menurut saya hidup. Nggak heran, kalo di goodreads novel ini mampu meraup rating 4 bintang.


Sekali lagi, saya mohon maaf karena sangat nggak teratur dan terkesan ngaret banget buat update blog ini. Percayalah, saya sedang berjuang mati-matian untuk mempersiapkan masa depan, bukan nikah loh ini astaga.


Oiya, penilaian bersifat objektif dan SAMA SEKALI tidak memiliki niatan untuk menjatuhkan atau membandingkan penulis.


Terima kasih sudah membaca.


Silahkan tinggalkan jejak dengan membubuhkan komentar sebagai penyemangat saya untuk menuliskan review-review terbaru.



BONUS; TIPS & TRIK PDKT
♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡

  • Tips #1 : "Biasanya kalo cewek lagi ngambek itu berarti dia mau dimanja! Kalo dia marah sama lo bukan berarti dia nggak suka, tapi dia butuh diperhatiin!" [page 34]

  • Tips #2 : "Kalo sikap dia masih dingin sama lo, jangan nyerah! Itu artinya dia mau lo kerja lebih keras buat cari perhatian dia! Jadi cowok jangan gampang patah semangat! Tunjukin kalo lo sungguh-sungguh!" [page 34]

  • Tips #3 : "Kalo target sulit didekati, coba mulai dekati orang yang paling dia sayang dulu! Kalo lo udah bisa narik perhatian atau bahkan akrab sama orang yang disayang si target, biasanya lebih mudah buat narik perhatian doi." [page 189]

  • Tips #4 : "Kalo ada kesempatan, coba, deh, lo utarain langsung perasaan lo ke dia. Biar dia peka. Karena biasanya cewek harus dikasih pernyataan dulu biar bisa peka." [page 200]




BONUS; TOP 10 QUOTES
♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡


  • "Aku mulai penasaran dengan semua hal yang berkaitan denganmu." [page 49]

  • "Terlalu lama merindu, membuatku lemah dalam menghitung waktu." [page 50]

  • "Seberapa keras pun kau mengelak telah jatuh cinta, ingatlah bahwa debaran jantungmu tidak pernah berdusta." [page 75]

  • "Yakinkan aku, hingga aku berani mengatakan debaran ini benar karena cinta." [page 88]

  • "Seiring berjalannya waktu, perasaan orang bisa aja berubah. Yang sebelumnya ada rasa suka, bisa jadi perasaan itu udah nggak ada setahun kemudian," [page 99]

  • "Sesuatu yang awalnya dirasa tidak bernilai, baru akan disadari sangat berharga ketika adanya kompetisi." [page 121]

  • "Lo nggak curiga kenapa dia nggak pernah ngabarin lo begitu lamanya? Nggak pernah tanya kenapa sikapnya ke lo berubah total sekarang? Gue juga cowok! Kalo gue jadi dia, gue nggak akan pernah sia-siain cewek yang gue cintai! Gue nggak akan pernah nyakitin dia! Gue akan ngabarin dia setiap saat. Dan, gue pastiin nggak ada satu pesan pun darinya yang gue abaikan!" [page 136]

  • "Gue harap langit cerah malam ini. Biar gue tahu, kalo lo nggak lupa senyum hari ini." [page 2018]

  • "Katanya, orang yang potong rambut sehabis putus cinta itu biar cepet move on. Tapi, aku beda. Aku potong rambut biar mantanku jatuh cinta lagi sama aku dan mau diajak balikan." [page 229]

  • "Tolong bilang sama temen lo, nggak usah khawatir. Gue nggak akan lapor ke polisi walaupun dia udah nyuri hati gue tanpa izin." [page 257]



7 comments:

  1. Bagus banget kak reviewnya,jadi makan cinta sama novel nya,dan sama yg review juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, jangan lupa follow blog ini, biar nggak ketinggalan update terbarunya ya:)

      Delete
  2. Orang yang MencintaimuMay 26, 2019 at 3:45 PM

    Bagus kak ��

    ReplyDelete
  3. bagus banget kakakkkk ditunggu next ya.......btw aku fans kakak......:)

    ReplyDelete
  4. Aku gk setuju kalau temen kaka bilang hoaks.... Soalnya Kakak kalau udah senyum manisnya kayak kangker loh...
    gk ada obatnya :"v

    ReplyDelete
  5. Bukan cuman 3 orang kok...
    I know you are beautiful, more than you know

    ReplyDelete